Lompat ke konten

Cara Promosi Skincare di Sosmed dan Contoh Kalimatnya

Cara promosi skincare

Sosial media selain sebagai wadah untuk personal branding seseorang, ternyata juga bisa digunakan sebagai tempat melakukan promosi. Mulai dari instagram, twitter, hingga tiktok. Hampir semua jenis media sosial menyediakan fitur-fitur tersendiri yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pelanggan. 

Meski bisa dibilang mudah untuk melakukan iklan di media sosial, namun hal tersebut juga membutuhkan cara tersendiri lho. Tidak sembarang postingan bisa menjangkau target pasar secara meluas. Nah, bagaimana supaya iklan Anda di sosial media berhasil? Berikut cara promosi skincare  di sosmed dan contoh kalimatnya. Simak selengkapnya berikut ini!

Cara Promosi Skincare di Sosmed 

Pada dasarnya, banyak cara yang bisa dilakukan supaya konten Anda di media sosial bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Namun cara di bawah ini harus dilakukan sebagai modal promosi dasar sebelum Anda mengeluarkan kreatifitas Anda. berikut cara promosi skincare di sosmed yang wajib Anda tahu!

1. Menyiapkan konten 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konten merupakan sebuah informasi yang disediakan pada media juga produk-produk elektronik. Jika Anda ingin melakukan iklan di media sosial, tentu tidak bisa lepas dengan namanya konten ini. Konten inilah yang akan mengisi media sosial Anda juga sebagai cara promosi skincare perusahaan Anda.

Pada dasarnya, ilmu dalam membuat konten itu bisa dipelajari. Mulai dari isinya, foto skincare, tulisan skincare, waktu posting, caption yang digunakan dan lain sebagainya. Namun setiap media sosial pada dasarnya memiliki cara masing-masing untuk bisa viral. Contohnya seperti medsos instagram yang memiliki audiens dengan demografi yang lebih umum, maka supaya konten tersebut bisa menjangkau lebih banyak orang, Anda bisa posting ketika jam kerja. 

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu dan kapasitas untuk memikirkan, merencanakan dan membuat konten maka bisa menyewa jasa media sosial specialist. Sudah banyak agensi atau individu yang menawarkan jasa ini untuk membantu manajemen konten dari perusahaan.

2. Berikan testimoni pelanggan 

Salah satu cara promosi skincare di sosmed adalah memberikan testimoni kepada pelanggan. Pasalanya, ketika Anda merupakan brand baru yang masuk ke pasar, tentu masih banyak orang yang belum mengetahui kualitas produk. Oleh karena itu, testimoni ini sebagai cara menunjukkan kualitas produk.

Ketika ada seseorang yang menggunakan produk skincare Anda dan merasakan manfaatnya, maka akan membuat orang yang memiliki masalah kulit yang sama tertarik untuk mencobanya. Supaya lebih meyakinkan, Anda bisa menggunakan jasa beauty influence untuk mencoba dan memberikan testimoni. Sekaligus mengajak pengikutnya untuk merasakn produk yang Anda jual.

3. Unggah review dari produk skincare Anda 

Selain testimoni, Anda juga harus menyajikan konten review. Jika testimoni lebih ke penilaian terhadap kualitas produk, maka review membantu konsumen untuk memilih produk. Anda bisa melakukan sharing mengenai penggunaan produk, manfaat, tips dan trik supaya produk lebih bekerja di instastory atau secara live sebagai strategi marketing instagram

Sebagai catatan, sebelum melakukan review Anda harus tahu secara detail mengenai produk Anda saat melakukan iklan skincare. Mulai dari kandungan yang ada didalamnya, jam terbaik menggunakan skincare, jenis kulit yang cocok dan detail lainnya. Sehingga ketika ditanya, Anda bisa meyakinkan calon konsumen tersebut untuk segera membeli produk skincare Anda. 

4. Tingkatkan kepercayaan konsumen pada produk Anda

Cara promosi skincare di sosmed tidak melulu mengenai konten yang disajikan, Anda memang harus memberikan sajian yang informatif menghibur serta menarik. Namun yang menjadi kunci dari pembelian calon konsumen adalah meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand skincare Anda.

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk Anda adalah dengan mendaftarkan brand supaya mendapatkan ijin BPOM. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga perijinan tertinggi dalam peredaran kosmetik, obat-obatan dan suplemen makanan. Untuk memperoleh ijin BPOM tentu memerlukan proses yang panjang, sehingga produk yang memperolehnya tentu sudah aman kandungannya. 

5. Selalu berinteraksi dengan calon pembeli

Terakhir, cara promosi skincare atau pun produk kosmetik di sosmed adalah selalu berinteraksi dengan calon pembeli. Sebesar apapun brand Anda, namun jika kurang responsif dengan audiens membuat followers juga tidak nyaman. Misalnya mereka ingin menyampaikan masukan, kritik dan saran atau mau memberi testimoni namun tidak direspon tentu membuat mereka jengkel.

Jadi Anda mungkin membutuhkan admin sendiri untuk melakukan tugas ini. Sehingga terdapat pembagian tugas untuk admin yang merespon konsumen dan merancang konten. Sehingga setiap bagian bisa mengerjakan tugasnya secara maksimal.

Contoh Kalimat Promosi Skincare di Sosmed 

Kini Anda sudah mengetahui cara promosi  skincare di sosmed, selanjutnya artikel ini akan membahas mengenai kalimat-kalimat apa saja yang efektif digunakan saat beriklan. Berikut contoh kalimat promosi skincare di sosmed.

Kata promosi dengan memberikan bukti 

Salah satu kalimat efektif untuk mempromosikan skincare adalah memberikan bukti, berikut contohnya.

“Pelembab ini terbukti dapat menghidrasi kulit sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Kulit lembab sepanjang hari!”

“Produk ini mengandung kolagen yang terbukti bisa mencegah kerutan. Jadi bagi Anda yang sudah menemukan tanda-tanda kerutan di wajah, wajib segera menggunakan produk ini!”

“Terbukti ampuh menghilangkan noda hitam di wajah, produk skincare ini harus Anda coba. Kini Anda tidak lagi perlu insecure dengan noda di kulit, semua terhempas dengan mudah!”

Kata promosi menggunakan “dijamin”

Selain memberikan bukti, Anda juga bisa menggunakan kata”dijamin”.  Berikut contoh promosi dengan kata “dijamin”.

“Produk terbaik dengan kualitas tertinggi dijamin dapat mencerahkan kulit wajah Anda hanya dalam waktu 7 hari. buktikan sekarang juga!”

“Penjualan terlaris sepanjang masa, produk ini dijamin bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tidak kering meski beraktivitas di ruangan ber-ac.”

Kata promosi dengan memberikan hadiah atau free product

“Dengan membeli produk pelembab terbaik ini, Anda bisa memperoleh free product berupa sleeping mask sehingga memaksimalkan skincare. Sehingga kulit menjadi lebih glowing.

“Anda ingin mendapatkan produk ini secara gratis? Berikan review dengan video menarik dan kreatif. 3 reviewers paling menarik dan unik akan mendapatkan satu paket skincare untuk mencerahkan kulit. Yuk tunggu apa lagi. Segera buat review versi Anda sendiri.”

Kata promosi dengan mencantumkan legalitas

“Bagi Anda yang ingin mencoba produk kami, tidak perlu ragu karena day cream ini sudah memperoleh izin dari BPOM. Terbukti aman dan bisa memberikan hasil terbaik!”

“Jangan beli krim abal-abal yang bisa merusak kulit, produk kami sudah BPOM sehingga dijamin keamanannya. Yuk segera coba dan rasakan manfaatnya!”

Nah, berikut di atas merupakan cara promosi skincare di sosmed dan kata promosi yang bisa digunakan. Melakukan iklan bisa dibilang sesuatu mudah, tetapi yang sulit adalah konsisten melakukannya. Tidak semua konten bisa langsung ramai diperbincangkan audiens. Jadi konsistensi adalah kunci, posting setiap hari dan selalu perbaiki konten Anda sampai Anda menemukan strategi yang tepat. Selamat mencoba!

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *