Lompat ke konten

20 Makanan yang Cocok Dijual di Desa

makanan yang cocok dijual di desa

Makanan yang cocok dijual di desa ternyata beragam. Tidak hanya makanan khas desa saja. Memulai usaha bisa dilakukan di mana saja, tak terkecuali di desa. Banyak peluang yang bisa Anda terjemahkan menjadi usaha yang bisa mendatangkan keuntungan.

Berbeda dengan di kota yang masyarakatnya cenderung mudah beradaptasi dengan berbagai jenis makanan, masyarakat desa cenderung lebih sedikit jenis makanannya. Ini karena mereka lebih suka mengonsumsi makanan yang sudah sehari-hari dimakan daripada harus beradaptasi kembali. 

Apalagi makanan yang kurang akrab dengan lidahnya, masyarakat desa cenderung menghindarinya. Sehingga kurang laris. Nah, apa saja sih makanan yang cocok dijual di desa. Nah, berikut 20 ide makanan yang cocok di jual di desa yang bisa Anda coba jadikan peluang usaha.

1. Bakso 

Menjadi salah satu makanan yang cocok dijual desa. Bakso merupakan makanan yang bisa beradaptasi di hampir seluruh lidah masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa biasanya suka dengan bakso. 

Rasanya gurih, dan ringan cocok disantap di berbagai waktu. Anda juga bisa menjual berbagai makanan pelengkap bakso seperti pangsit, kerupuk, kacang bawang dan aneka minuman. Bisa jadi ide makanan yang laris di desa.

2. Mie Ayam 

Hampir sama dengan bakso, mie ayam juga cocok dijajakan di pedesaan. Sebab rasanya umum bisa beradaptasi dengan lidah banyak orang. Anda bahkan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuat mie ayam, karena resepnya bisa dipelajari dalam waktu singkat.

3. Jajanan Pasar 

Jajanan pasar sangat disukai oleh orang desa. Bisa jadi ide makanan yang cocok dijual di desa. Sebab biasanya orang desa memiliki kebiasaan untuk minum teh di pagi hari atau  sering disebut dengan “Wedangan”. Saat itu dibutuhkan makanan ringan sebagai teman minum teh.

Banyak sekali jenis jajanan pasar  bisa Anda jual, tinggal disesuaikan dengan kesukaan target pasar. Contoh jajanan pasar antara lain donat, risoles, puli, lemper, arem-arem, pisang coklat dan masih banyak lagi.

4. Pecel 

Pecel merupakan salah satu makanan terdiri aneka jenis sayuran mulai dari timun, kangkung, sawi, kacang panjang, dan tauge yang disiram dengan sambal kacang. Untuk rasa sambal kacangnya gurih, manis dan bisa juga diberi cabai sehingga terdapat rasa pedas sehingga bisa disesuaikan.

5. Nasi Kuning 

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dimasak dengan kunyit beserta santan. Rasanya gurih dan khas dengan berbagai rempah membuatnya disukai oleh orang pedesaan.

Bahkan nasi kuning dijadikan menu apabila sedang mengadakan syukuran, seperti syukuran saat bertambah usia, atau syukuran rumah baru oleh warga desa. Sehingga tak heran bisa jadi salah satu makanan yang cocok dijual di desa.

6. Kue Tradisional 

Kue tradisional bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Pasalnya banyak sekali orang desa yang memburu kue tradisional. Anda bisa menjual berbagai macam kue tradisional, mulai dari kue putu, kue pukis, kue cubit, kue cucur dan masih banyak lagi.

7. Gorengan 

Selain jajanan pasar dan kue tradisional, gorengan juga menjadi salah satu pilihan orang desa ketika hendak melakukan ritual minum teh di pagi hari sehingga menjadi makanan yang cocok dijual di desa. Banyak sekali jenis gorengan  bisa dijual, mulai dari pisang goreng, puli goreng, tape goreng, mendoan, tahu isi, risoles dan berbagai jenis gorengan lainnya.

8. Keripik 

Keripik merupakan jenis makanan ringan yang berupa irisan tipis entah itu dari singkong, umbi dan buah-buahan. Irisan tersebut kemudian digoreng menggunakan minyak. Rasanya beragam, bisa dibuat asin, manis atau pun peda. Tinggal di sesuaikan saja dengan selera konsumen potensial.

9. Bubur Ayam 

Bubur ayam adalah makanan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan air yang lebih banyak, dilengkapi juga dengan kaldu ayam yang cenderung gurih. Sangat lezat disantap di pagi hari karena ringan dan tidak terlalu berat. Apalagi jika disajikan saat masih hangat, sangat lezat sekali disantap.

10. Aneka Sayur Siap Santap

Anda bisa menjual berbagai jenis sayur yang sering disantap harian, ada banyak sekali pilihan sayur yang bisa dijual. Makanan ini dipastikan akan laris karena sesuai dengan lidah orang perdesaan. Anda bisa menjual sayur sup, sayur asem, sayur gori, sayur kentang dan masih banyak lagi.

11. Soto 

Selain bubur ayam, menu sarapan lain yang sering disantap adalah soto. Soto yang berisi sayuran dan daging diberi kuah gurih sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Apalagi jika di pagi hari belum sempat masak, dan kebanyakan anak-anak membutuhkan menu yang tidak pedas maka soto menjadi alternatif pilihan.

12. Ayam Kentucky 

Ayam Kentucky atau ayam goreng tepung merupakan makanan yang disukai oleh anak-anak kecil di desa. Anda bisa mencari resepnya di resep-resep yang sudah tersedia di internet. Menu yang sangat mudah tetapi berprospek cukup menguntungkan.

13. Sate Ayam 

Merupakan makanan khas Indonesia, sate ayam juga cukup diminati oleh masyarakat di pedesaan.  Diasak dengan cara dibakar di api membara dan disiram dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Biasanya disajikan dengan lontong atau bisa juga dengan nasi. Bisnis ini bisa jadi sampingan bagi mahasiswa juga lho.

14. Nasi Goreng 

Nasi goreng juga cukup menjadi primadona di masyarakat pedesaan. Merupakan nasi yang digoreng dengan rempah kemudian diberi kecap dan komponen pelengkap lainnya, makanan yang satu ini cocok dilidah masyarakat desa.

15. Camilan Singkong 

Ada banyak sekali jenis makanan berupa camilan yang terbuat dari singkong. Olahan tersebut biasanya disukai oleh masyarakat desa. Mulai dari ketimus, gethuk, lemet, nagasari, tape, cenil, kolak, sentiling dan berbagai cemilan singkong lainnya.

16. Jenang 

Merupakan olahan penganan manis yang sudah ada sejak dulu atau bisa disebut juga olahan tradisional. Merupakan makanan khas Jawa. Beberapa contoh jenang di antaranya jenang mutiara, jenang sumsum, jenang garut, jenang arab, jenang candil dan jenang lemu.

17. Nasi Uduk 

Hampir sama dengan nasi kuning, nasi uduk dimasak dengan santan tetapi tidak ditambahkan kunyit. Anda juga bisa menjual menu pelengkap nasi uduk seperti orek tempe, bihun, kerupuk dan telur dalam satu paketnya lengkap sehingga lebih banyak keuntungan yang didapat.

18. Roti Bakar 

Roti bakar merupakan roti yang dipanggang di atas api hingga kecoklatan dan garing sehingga menghasilkan roti yang renyah. Banyak sekali isian roti yang bisa dimasukkan ke dalamnya, misal coklat, keju, nanas atau pun blueberry. Belakangan roti bakar juga dimodifikasi dengan rasa yang kekinian seperti matcha, dan tiramisu.

19. Makanan khas daerah

Jika Anda tinggal di desa dengan makanan khas daerah yang kental, Anda bisa menjadikannya ide jualan. Misalnya, Anda tinggal di Solo, Anda bisa menjual selat Solo, atau timlo dan serabi. Atau misal Anda tinggal di Mojokerto, Anda bisa menjual onde-onde.

20. Bakmi 

Terakhir, merupakan bakmi yang sangat popular di desa daerah Jawa. Anda bisa menjual bakmi Jawa yang sudah melegenda dan disukai semua kalangan. Bisa juga ditambah menu kwetiau aau magelangan.

Nah, berikut di atas merupakan 20 ide makanan yang cocok dijual di desa. Pastinya laris dan dapat memberikan keuntungan yang besar untuk diri Anda. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.