Beberapa waktu lalu, WhatsApp meluncurkan fitur bernama Community atau Komunitas. Bagi sebuah bisnis, fitur Komunitas di WhatsApp mempermudah pemilik usaha maupun admin menyampaikan informasi maupun promosi karena pesannya dapat dikelola sendiri tanpa adanya interupsi dari anggota lain.
Tentu saja Community berbeda dengan WhatsApp Group terkait fungsinya. Simak perbedaannya serta manfaat WhatsApp Community terutama bagi bisnis di bawah ini.
Mengenal Fitur WhatsApp Community
Fitur WhatsApp Community adalah sebuah fitur dari WhatsApp yang memungkinkan penggabungan antar grup dalam satu wadah lebih besar, yaitu komunitas. Dalam komunitas, terdapat admin utama yang perannya mengendalikan perpesanan dalam komunitas tersebut, sehingga anggota lainnya tidak dapat sembarangan mengirimkan pesan.
Adanya fitur Community di WhatsApp, pengaturan anggota menjadi semakin mudah karena hanya admin yang dapat mengirimkan pesan, termasuk memberikan informasi penting. Sehingga, risiko pesan tenggelam akibat tertimbun chat tidak akan ditemui dalam Komunitas WA. Bisa dibilang bahwa Community merupakan mading (majalah dinding) yang fungsinya sebagai pemberi informasi penting kepada seluruh anggota grup.
Fitur WA Community ini dapat dilihat dengan ikon berwujud ‘tiga orang’ dan bertuliskan Komunitas atau Community. Fitur ini telah tersedia di Indonesia sejak November tahun 2022 lalu.
Perbedaan WhatsApp Community dan WhatsApp Group
Banyak yang beranggapan Komunitas WA sama saja dengan Grup, padahal keduanya berbeda jika diperhatikan dari fungsi serta fitur yang ditawarkan. Simak perbedaannya berikut, kira-kira lebih cocok mana untuk bisnis?
1. Batas jumlah anggota
WA Community bisa dikatakan sebagai grup utama yang menggabungkan seluruh grup, sehingga jumlah anggotanya lebih banyak dibandingkan WA Group. Community mampu menampung hingga sebanyak 5.000 anggota, sehingga mempermudah Anda dalam menyampaikan informasi penting kepada banyak orang sekaligus. Khususnya bagi bisnis, akan sangat mudah jika dimanfaatkan untuk kepentingan promosi.
Sedangkan pada WhatsApp Group, hanya mampu menampung maksimal 512 anggota saja. Apabila digunakan untuk kepentingan promosi, tentu jumlahnya akan sangat terbatas. Anda membutuhkan beberapa grup untuk menyampaikan informasi yang sama.
2. Perlindungan privasi pengguna
Terkait perlindungan privasi pengguna, Community di WhatsApp lebih unggul dibandingkan Group karena nomor HP anggota lainnya tidak ditampilkan. Dengan begitu, dapat menghindari hal tak diinginkan. Misalnya penyalahgunaan nomor HP, di-chat oleh orang tak bertanggung-jawab, dan sebagainya.
Kemudian ketika ada anggota meninggalkan komunitas, tidak terlihat notifikasi ‘left the group’. Sedangkan jika di Grup WA akan terlihat, jadi setiap anggota menjadi tahu siapa saja yang meninggalkan grup tersebut.
Berbeda dengan WhatsApp Group yang dapat dilihat nomor HP setiap anggotanya, termasuk admin. Apabila grupnya bersifat terbuka, nomor HP anggota lain dapat dilihat, di mana hal seperti ini lebih rawan terjadi penyalahgunaan informasi.
3. Peran admin
Perbedaan Grup dan Komunitas di WA dapat diperhatikan dari peran adminnya. Pada Komunitas, admin berperan dalam mengendalikan grup besar, termasuk menghapus pesan tidak pantas, mengirimkan pesan apapun tanpa bisa diinterupsi oleh anggota lainnya, serta membuat aturan.
Di Komunitas WhatsApp, hanya admin yang dapat mengirimkan pesan. Meskipun komunikasi yang terjadi hanya satu arah, penyampaian informasi jauh lebih mudah tanpa perlu khawatir pesan penting tertimbun oleh percakapan anggota lainnya.
Sedangkan WA Group, baik admin maupun anggota dapat mengirimkan pesan tanpa terkecuali, inilah yang membuat informasi penting sering tertimbun. Anggota tidak dapat mengirimkan pesan apabila grup diatur sebagai ‘only admin can send message’ atau ‘hanya admin yang dapat mengirimkan pesan’.
4. Adanya grup yang saling berkaitan
Community WhatsApp terdiri dari maksimal 50 grup yang saling berkaitan. Misalnya perusahaan Anda memiliki 5 departemen dan grup reseller/distributor, maka dapat menggabungkannya dalam satu komunitas supaya informasi yang disampaikan dapat menjangkau keseluruhan.
WA Group tidak berkaitan dengan grup lainnya, hanya satu perkumpulan saja. Jika ingin menyampaikan informasi penting untuk banyak departemen, maka perlu mengirimkannya secara berulang ke grup berbeda.
Manfaat WhatsApp Community untuk Bisnis
Apabila Anda sedang menggeluti sebuah bisnis, fitur Community di WhatsApp tentu akan sangat berguna untuk menyampaikan informasi penting maupun melakukan promosi. Ketahuilah manfaat WhatsApp Community untuk bisnis berikut.
1. Kolaborasi antar bisnis
Fitur Community mempermudah melakukan kolaborasi antar bisnis ataupun bersama klien. Ketika membutuhkan partner kolaborasi, Anda akan diundang ke komunitas partner untuk bersama-sama menciptakan inovasi terbaru demi pengembangan bisnis.
Informasi penting yang dikirimkan oleh admin di Komunitas, membantu Anda dan partner saling berdiskusi dalam grup terkait. Dengan demikian, kolaborasi serta mencapai tujuan bersama menjadi semakin mudah.
2. Kemudahan komunikasi dengan reseller/distributor
Adapun manfaat WhatsApp Community untuk bisnis lainnya, yaitu memberikan kemudahan komunikasi dengan distributor/reseller. Bagi pemilik bisnis B2B dan B2C, fitur Komunitas WA membantu Anda menyampaikan informasi penting kepada reseller/distributor.
Fitur ini membuat aktivitas bisnis menjadi lebih terarah karena informasi yang diberikan tidak akan tenggelam. Misalnya menyampaikan informasi terkait produk terbaru perusahaan, membagikan tips meningkatkan penjualan, menyampaikan aturan penting, dan sebagainya.
3. Mempermudah kegiatan promosi
Fitur Komunitas di WA dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan promosi secara lebih terarah kepada pelanggan. Jadi, tak harus mengirimkannya satu per satu karena dapat dilakukan cukup sekali klik.
Komunitas dapat dimanfaatkan seperti newsletter atau buletin untuk menyampaikan informasi penting, bukan aktivitas promosi saja. Misalnya memberikan informasi produk terbaru, informasi edukasi, ataupun lainnya. Dengan melakukannya, membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan karena membuat mereka tahu update terbaru perusahaan Anda.
4. Komunikasi antar departemen lebih mudah
Dalam sebuah perusahaan, biasanya terdapat beberapa divisi atau departemen. Guna mempermudah komunikasi antar departemen supaya tak ada informasi penting terlewat, penggunaan WA Community sangat disarankan. Anda tak perlu mengirimkan informasi yang sama berulang kali ke grup berbeda.
Setiap anggota Komunitas dapat membalas informasi yang diberikan oleh admin. Caranya dengan membalas secara privat ataupun langsung mendiskusikannya dalam grup kecil.
5. Mempermudah penyampaian informasi penting
Manfaat WhatsApp Community untuk bisnis salah satunya mempermudah penyampaian informasi penting. Jika menggunakan Grup, informasi mudah hilang dan tertimbun oleh percakapan anggota lainnya.
Namun tidak akan terjadi dalam Community karena perpesanan hanya dapat dilakukan oleh admin. Adanya Community sangat bermanfaat karena tidak ada lagi alasan ketinggalan informasi yang penting. Apabila ada yang perlu ditanyakan dan didiskusikan, dapat dibalas secara privat ataupun mendiskusikannya bersama ke grup kecil.
6. Melakukan banyak panggilan sekaligus
Bagi sebuah bisnis, koordinasi antar anggota maupun departemen sangat penting supaya dapat mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, dalam WhatsApp Community dihadirkan fitur untuk melakukan banyak panggilan sekaligus, maksimal 32 anggota.
Jadi, Anda dapat membuat panggilan untuk meeting di WhatsApp tanpa perlu membuka platform lain untuk meeting antar anggota departemen. Tentu ini lebih efektif dibandingkan panggilan WhatsApp biasa yang hanya bisa maksimal 8 pengguna saja.
7. Mampu membagikan file berukuran besar
Melalui WA Community, Anda dapat mengirimkan file hingga 2 GB. Keunggulan ini dapat mempermudah perusahaan Anda melakukan promosi sambil mengirimkan katalog produk, maupun membagikan file tertentu untuk presentasi perusahaan. Sebab pada chat WA biasa, maksimal 16 MB saja.
Berbagai manfaat WhatsApp Community untuk bisnis di atas dapat digunakan untuk membantu aktivitas serta pengembangan bisnis, terutama dalam menyampaikan informasi penting maupun memberikan penawaran menarik kepada pelanggan.