Lompat ke konten

Cara Membuat QR Code untuk Jualan

ilustrasi membuat qr code

Terdapat beberapa cara membuat QR Code untuk jualan yang bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu biaya mahal, Anda dapat membuat sendiri lewat berbagai aplikasi dan platform yang menyediakan layanan tersebut.

Kini, sudah banyak dagangan dengan sistem pembayaran QR Code. Jenis yang digunakan beragam, salah satunya adalah QRIS. Keuntungan penggunaan sistem ini adalah memudahkan para pelanggan sehingga mereka tidak enggan untuk membeli produk jualan Anda. Jika Anda tertarik, berikut adalah artikel cara membuat QR Code dengan mudah.

Syarat Membuat QR Code

Pemasaran kode QR adalah salah satu strategi baru dan mudah yang digunakan bisnis untuk berkembang dan meningkat selama pandemi. Anda dapat melihat penggunaan kode QR sebagai menu yang dapat dipindai, pembayaran lebih cepat, pesanan lebih cepat, dan belanja virtual. Sudah banyak merek global yang menggunakannya, termasuk Apple, Spotify, L’Oreal, Nissan, PayPal, Chili’s, dan Coca-Cola.

Melalui kode QR, bisnis telah mempromosikan produk dan layanan kepada calon pelanggan dengan menyederhanakan proses dan memastikan operasi non-kontak selama pandemi. Pemasaran kode QR melibatkan penggunaan kode Respon Cepat (kode QR) yang dapat dipindai dan dipahami oleh perangkat seluler dalam sekejap. 

Hanya dengan satu kali pindai kode QR dengan aplikasi kamera, pengguna HP mendapatkan akses dengan cepat menuju URL atau link produk, katalog produk, aplikasi, dan informasi lainnya terkait tanpa mengetik dan mencari tahu informasi sendiri. Pemasaran kode QR menguntungkan berbagai industri. Penggunaan kode QR umum muncul dalam promosi media sosial, belanja virtual, dan penjualan produk non-kontak.

Cara Membuat QR Code

Mengutip situs Bluehost, berikut adalah beberapa cara untuk membuat QR Code sendiri dengan mudah. Maka perlu memperhatikan tahap demi tahap agar hasilnya lebih optimal.

1. Pilih generator kode QR yang cocok

Semua pebisnis dapat menemukan beberapa generator kode QR gratis dan berbayar secara online. Sementara generator gratis menyelesaikan pekerjaan, Anda mungkin memerlukan layanan berbayar untuk kebutuhan bisnis tingkat lanjut. Beberapa generator kode QR yang populer adalah sebagai berikut:

  • Scanova: Pembuat kode QR yang populer dan komprehensif yang memiliki paket gratis dan premium, yang mendukung situs web, data lokasi, informasi kontak, dan lainnya.
  • Visualead: Pembuat kode QR berbasis langganan yang terjangkau untuk bisnis besar dan kecil dengan kode QR bermerek.
  • QR-Code-Generator: Menampilkan paket gratis dan premium, dengan versi berbayar menyediakan kode QR dinamis yang dapat diedit dengan cepat.
  • QR Stuff: Generator kode QR gratis yang juga menyediakan cetakan kode QR kustom berkualitas tinggi dan dapat disesuaikan untuk produk seperti kaos, bantal, dan cangkir kopi.
  • goQR.me: Generator QR lain yang menawarkan kode QR statis secara gratis sedangkan layanan kode QR dinamis hanya tersedia sebagai paket premium.

Ada juga metode QR Code dari Bank Indonesia yaitu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Berbentuk kertas yang memuat gambar QR sebagai pembayaran antar aplikasi. QRIS bisa digunakan semua orang saat melakukan pembayaran menggunakan e-wallet, pembayaran virtual account, hingga mobile banking.

Untuk mendaftarnya, ada beberapa berkas administrasi yang diperlukan, seperti SIUP atau NIB, Akte Pendirian, NPWP perusahaan untuk badan hukum, NPWP pribadi untuk non-badan hukum terdaftar, serta KTP Penanggung Jawab. Khusus usaha perorangan bisa menggunakan KTP pemilik usaha/penanggung jawab. Biaya pembuatannya juga tidak mahal.

2. Tentukan jenis kode QR yang Anda inginkan

Setelah memilih untuk menggunakan pemasaran kode QR dan memilih alat pembuat kode QR, tentukan apakah bisnis tersebut memerlukan kode QR statis atau dinamis. Seperti namanya, kode QR statis tetap. Sehingga tidak dapat mengubah fungsinya setelah menggunakannya dalam upaya pemasaran tersebut.

Jika ingin menggunakan kode QR yang sama dengan yang telah dicetak di papan reklame di seluruh kota untuk inisiatif lain, maka memerlukan kode QR dinamis. Anda dapat mengubah informasi yang terkandung dalam kode QR dinamis kapan pun Anda mau.

3. Pilih konten Anda

Tentukan jenis konten yang ingin disematkan dalam kode QR. Pilih jenis konten yang paling sesuai untuk bisnis Anda dan penuhi kebutuhan pemasarannya. Berikut jenis pemasaran online:

  • Pasarkan aplikasi pihak ketiga di iOS dan Android.
  • Berikan akses ke menu restoran dan buat pesanan cepat.
  • Tingkatkan kesadaran merek di halaman media sosial.
  • Arahkan lalu lintas ke toko e-niaga.
  • Meningkatkan strategi pemasaran menggunakan kartu nama.
  • Sesuaikan kemasan produk.

4. Pilih kustomisasi dan desain Anda

Pastikan pembuat kode QR yang dipilih sesuai dengan tema desain bisnis Anda. Alih-alih warna QR hitam dan putih default, Anda dapat menyesuaikannya untuk:

  • Sertakan logo brand. 
  • Miliki grafik berwarna-warni yang menonjolkan konten.
  • Beranimasi dan kreatif.

5. Uji dan unduh kode QR

Sebelum mencetak kode QR pada materi promosi, lakukan uji coba beberapa kali. Perbaiki kesalahan yang ditemukan. Pemasaran kode QR memerlukan prosedur bebas kesalahan, terutama jika itu adalah kode QR statis karena tidak dapat mengubahnya tanpa menanggung kerugian pemasaran yang signifikan.

Setelah menguji kode QR, unduh kode tersebut. Sebagian besar pembuat kode QR mendukung banyak format untuk kemudahan penggunaan. Jika ingin menggunakan kode QR di halaman web, unduh dalam format JPEG, PNG, GIF, TIF, atau JPG. Sedangkan kode QR bisa disimpan dalam format PDF, EPS dan SVG jika ingin mencetaknya.

Keuntungan Menggunakan QR Code untuk Jualan

Bagaimana kode QR dapat menguntungkan bisnis Anda? Mari kita bahas empat manfaat utama, di antaranya sebagai berikut:

  • Serbaguna.
  • Memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan.
  • Mudah dibuat dan ditampilkan.
  • Efektif dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda.

Hal terbaik tentang alat pemasaran ini adalah keserbagunaannya. Apakah bisnis Anda besar atau kecil, apa pun yang dijual atau layanan yang ditawarkan, Anda dapat membuat kode QR bekerja untuk Anda. Anda dapat menampilkannya secara online, di toko Anda, atau membagikannya di komunikasi pelanggan.

Manfaat luar biasa lainnya adalah kode QR meningkatkan pengalaman pelanggan. Karena sangat mudah digunakan, mereka menambah kenyamanan dan kesegeraan untuk interaksi pelanggan dengan merek Anda. Kode QR itu sederhana, tidak hanya untuk pelanggan Anda, tetapi mereka juga akan semakin mudah untuk mencari tahu informasi tenatng produk dan layanan yang ditawarkan.

Siapa pun dapat membuatnya dan Anda memegang kendali penuh atas cara Anda menggunakannya. Terakhir, kode QR membuat merek Anda lebih mudah diakses di berbagai platform online dan fisik. Jadi, jika ingin meningkatkan keterlibatan pelanggan, kode QR adalah salah satu opsi yang sangat berhasil untuk melakukannya.

Jika jualan Anda ingin menjadi sangat besar, maka dapat menggabungkan kode QR dengan kampanye SMS massal. Baik QR dan SMS adalah cara yang sangat efektif untuk memperkenalkan merek dan produk kepada orang-orang. Pendekatan ini dapat membantu Anda mencapai hasil yang fantastis tanpa implikasi finansial yang besar. Dengan kata lain, cara ini juga murah dan berhasil.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat QR Code untuk jualan agar lebih mudah bagi pelanggan melakukan transaksi. Selain itu, kode QR juga berfungsi sebagai strategi marketing memasarkan produk dan brand Anda.

Sastia Ainun

Sastia Ainun

Sastia Ainun merupakan seorang penulis yang gemar berbagi pengetahuan mengenai bisnis serta usaha kecil dan menengah.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *