Jika Anda merupakan seorang pebisnis, jangan pernah ragu untuk melibatkan teknologi dan bisnis Anda. Pasalnya, bisnis dapat memberikan dampak dan manfaat yang besar untuk usaha Anda.
Bisnis bisa mempermudah segala sesuatu yang sedang Anda kerjakan. Apa saja sih? Berikut peran teknologi dalam bisnis pada era digital. Selengkapnya simak artikel ini sampai akhir!
1. Efisiensi operasional
Peran teknologi informasi dalam menunjang bisnis dan manajemen adalah adanya efisiensi operasional yang dijalankan dalam sebuah usaha. Mengapa demikian? Hal ini karena sistem otomatisasi proses bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi keterlibatan manusia serta meningkatkan akurasi. Ada banyak sekali sistem otomatisasi yang bisa diterapkan, mulai dari sistem otomatisasi manufaktur, sistem otomatisasi keuangan hingga sistem otomatisasi penjualan dan pemasaran.
Selain itu, tersedianya perangkat lunak manajemen bisnis dapat membantu dalam pemantauan, analisis, dan pengelolaan aspek operasional perusahaan bahkan dari jarak jauh. Contoh teknologi dalam bisnis mengenai perangkat lunak manajemen bisnis ini adalah sistem ERP dan CRM.
2. Ketepatan analisis data
Selanjutnya, peran penting teknologi informasi dalam bisnis adalah kecepatan dan ketepatan analisis data. Teknologi membantu dalam mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data besar (big data), memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai perilaku pelanggan, tren pasar, dan keputusan strategis.
Dengan informasi ini, perusahaan bisa melakukan banyak hal untuk memperbaiki produknya terus menerus supaya tetap di hati konsumen. Analisis data yang tepat juga berfungsi bagi pihak pemasaran untuk menentukan metode promosi yang tepat.
Contoh perkembangan teknologi di bidang bisnis ketepatan analisis data adalah Business Intelligence (BI), sistem yang dapat dimanfaatkan untuk menyajikan informasi yang relevan bagi pengambil keputusan.
3. Peningkatan pemasaran dan penjualan
Peran teknologi dalam bisnis di Indonesia adalah meningkatkan pemasaran dan penjualan. Hal ini sudah bisa kita lihat dari kemunculan e-commerce yang memudahkan pemasaran produk. Kini konsumen tak harus datang langsung ke toko terkait untuk memilih-milih produk Anda, cukup dengan handphone produk Anda bisa diminati dan dipesan.
Selain itu, dalam pemasaran, perusahaan dapat memanfaatkan pemasaran digital dengan banyak metode, bisa menggunakan media sosial, bisa dengan website atau memanfaatkan iklan yang berbayar. Semua itu terwujudkan dengan adanya kemajuan teknologi yang memperlancar semua kegiatan usaha Anda.
Tentu ini kembali lagi kepada perusahan, apakah bisa memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Semakin mudah bisnis beradaptasi dengan teknologi maka akan semakin mudah bisnis itu berkembang maju dan pesat.
4. Inovasi produk dan layanan
Dengan teknologi yang semakin canggih, perusahaan bisa memanfaatkannya untuk keperluan inovasi produk dan layanan yang diberikan. Penelitian dan pengembangan berbasis teknologi memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanan inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang.
Sebab semakin berkembangnya zaman, semakin berbeda kebutuhannya. Misalnya, dahulu handphone hanya digunakan untuk SMS dan telepon saja, tetapi saat ini handphone bisa digunakan untuk segala macam hal, memotret, berselancar di internet, bekerja dan masih banyak lagi. Ini bukti bahwa teknologi yang ada bisa membawa inovasi produk dan layanan yang canggih dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Penerapan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan blockchain dapat menghasilkan produk atau layanan baru dengan nilai tambah. Membuat produk dan layanan Anda tidak tergeser dengan kemajuan zaman, dan tetap diminati oleh konsumen.
5. Fleksibilitas dan mobilitas kerja
Belakangan, bermunculan sistem kerja baru yaitu Work From Home, memang cara kerja ini marak saat Covid-19 melanda di Indonesia. Namun jika ditelaah lagi, cara kerja ini bisa terwujudkan dengan adanya peran teknologi dalam bisnis.
Teknologi cloud computing yang saat ini dikembangkan memberikan akses fleksibel ke sumber daya komputasi, memungkinkan akses data dan aplikasi dari mana saja dengan koneksi internet. Semua pekerjaan bisa dikomunikasikan melalui peran teknologi.
Selain itu, hadir juga peralatan kerja mobile. Penggunaan perangkat mobile dan aplikasi bisnis memungkinkan karyawan untuk bekerja secara efisien di luar kantor. Sehingga ia tidak perlu lagi pergi ke kantor.
Tentunya ini juga menguntungkan bagi perusahaan, sebab perusahaan dapat mengurangi banyak biaya apabila pekerja bekerja di kantor. Misalnya biaya sewa atau pembelian gedung, biaya listrik, biaya internet, dan biaya peralatan pekerja lainnya.
6. Peningkatan keamanan informasi
Semakin canggihnya teknologi selain memberikan manfaat ternyata juga mengancam kelangsungan bisnis. Mengapa demikian? Sebab marak terjadinya kejahatan dengan metode yang tak terduga, mulai dari peretasan data perusahaan, pencurian aset hingga pencurian dana perusahaan yang ada di rekening bank.
Solusinya juga tetap menggunakan teknologi. Dengan teknologi Anda bisa meningkatkan keamanan informasi perusahaan. Salah satu teknologi informasi keamanan adalah sistem keamanan cyber. Teknologi ini bisa memainkan peran penting dalam melindungi data dan informasi perusahaan melalui penggunaan firewall, enkripsi, dan sistem keamanan cyber lainnya. Anda harus mulai menerapkannya untuk perusahaan apabila ingin meningkatkan keamanan informasi bisnis Anda.
Teknologi lainnya untuk keamanan informasi perusahaan adalah manajemen akses. Pengelolaan akses yang tepat memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses informasi kritis. Tidak mudah diretas dan tidak mudah untuk dicuri informasinya.
7. Peningkatan layanan interaksi dengan pelanggan
Terakhir, peran teknologi bisa meningkatkan layanan interaksi dengan pelanggan. Seperti yang diketahui bersama, kepuasaan pelanggan adalah hal nomor satu. Salah satu hal yang harus ditingkatkan adalah komunikasi dengan pelanggan.
Komunikasi dengan pelanggan yang baik bisa membuatnya kembali membeli produk Anda. Bahkan bisa menjadi pelanggan yang loyal dengan komunikasi antar pembeli dan penjual yang tepat.
Anda bisa coba menerapkan chatbot dan layanan pelanggan otomatis. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih cepat dan efisien. Konsumen yang mencoba menghubungi Anda, baik itu diam kerja maupun di luar jam kerja dapat terlayani dengan baik menggunakan balasan otomatis. Konsumen tidak akan menunggu terlalu lama dan memilih produk lain hanya karena pesannya tidak dibalas.
Perusahaan juga bisa menerapkan analisis sentimen. Melalui analisis sentimen online, perusahaan dapat memahami pandangan dan perasaan pelanggan terhadap merek dan produk mereka. Kemudian setelah mengetahuinya, perusahaan dapat melakukan perbaikan dan peningkatan produk. Sebab semua bisnis akan berjalan apabila dapat memenuhi kebutuhan konsumennya.
Nah, berikut di atas merupakan peran teknologi dalam bisnis pada era digital. Teknologi berperan penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Adaptasi dengan teknologi menjadi hal yang harus terus dilakukan oleh perusahaan apabila ingin bisnisnya terus berlangsung.
Sebab bisnis yang teguh untuk tidak mengadaptasi teknologi akan pelan-pelan hilang tergerus zaman, bangkrut atau gulung tikar. Jadi mulai sekarang jangan remehkan teknologi, selalu ikuti tren dan perkembangan yang ada agar bisnis Anda tetap berkembang dan maju pesat.