Lompat ke konten

Cara Agar Percaya Diri dalam Wirausaha

Percaya Diri dalam Wirausaha

Sifat percaya diri dalam wirausaha sangat diperlukan supaya bisnis bisa berjalan dengan baik sekaligus mampu bertahan di tengah-tengah persaingan. Tanpa adanya kepercayaan diri, usaha yang dibangun tidak akan membuahkan hasil maksimal dan bahkan sangat susah berkembang mengalahkan kompetitor lainnya. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya tidak disepelekan demi bisa terus bertahan.

Banyak alasan mengapa seorang wirausaha harus mempunyai sifat percaya diri sekaligus bagaimana cara membangunnya. Maka dari itu, pada pembahasan Magnate kali ini kita akan mengungkapkan alasan sekaligus bagaimana cara membangun sifat PD tersebut agar usaha bisa tetap bertahan juga terus berkembang.

Mengapa Seorang Wirausaha Harus Memiliki Kepercayaan Diri?

Seorang wirausaha harus memiliki kepercayaan diri karena berpengaruh pada kelangsungan bisnisnya. Tanpa adanya sifat tersebut, Anda akan susah bersaing dan selalu minder karena dipengaruhi banyak pikiran negatif dan pada akhirnya tidak berkembang.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa alasan yang perlu diketahui mengapa harus percaya diri dalam wirausaha.

1. Mampu bertahan dan terus berkembang

Alasan pertama mengapa harus percaya diri dalam wirausaha yaitu supaya mampu bertahan dan terus berkembang. Banyak para pengusaha gagal dalam bisnisnya karena merasa minder serta susah bersaing dengan kompetitor, padahal belum tentu produk kompetitor selalu lebih bagus daripada produk miliknya. Rasa minder membuatnya tidak berkembang dan akhirnya tidak menghasilkan apapun pada usahanya.

Apabila ingin tetap bertahan di era gempuran persaingan bisnis, rasa percaya diri itu memang sangat diperlukan. Percayalah bahwa produk yang Anda jual kepada masyarakat (baik barang atau jasa) memiliki nilai lebih dibandingkan pesaing. Maka, terus kembangkanlah supaya banyak orang semakin mengenal produk Anda dan tetap pertahankan kualitasnya.

2. Terdorong untuk berpikir kreatif

Persaingan bisnis memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para wirausaha, jadi anggap saja sebagai suatu ujian untuk mendorong Anda berpikir bagaimana caranya tetap bertahan tanpa tertinggal. Salah satu caranya yaitu bersikap percaya diri, sebab sikap tersebut mampu mendorong Anda untuk berpikir kreatif tentang bagaimana cara bertahan sekaligus berkembang melalui adanya inovasi.

Apabila tak mampu berpikir kreatif, bisnis hanya berputar pada itu-itu saja dan susah dalam mengembangkan apapun. Padahal, kreatif juga berkaitan dengan inovasi produk agar mampu memenuhi target pasar sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

3. Termotivasi supaya lebih baik lagi

Percaya diri dalam wirausaha bukan berarti sombong atau memamerkan kesuksesan bisnis. Orang yang punya sifat tersebut pasti selalu berusaha supaya lebih baik lagi daripada saat ini agar bisa bertahan karena ingin selalu belajar lebih lagi. Sebab bagaimanapun juga, berusaha terus sebaik mungkin akan membawa banyak dampak baik ke depannya, terutama dalam urusan bisnis.

Adanya sifat PD membuat seseorang berani menghadapi berbagai risiko dan tidak takut atau minder ketika berbuat salah. Maka pada akhirnya akan terus membuatnya berusaha supaya belajar ketika melakukan kesalahan dan menjadi lebih baik.

4. Tidak takut tantangan dan mampu menghadapi persaingan

Banyak sekali tantangan para pengusaha dan macam-macam persaingannya. Jika terus minder dan takut menghadapi segalanya, justru perlahan akan membuatnya tak berkembang karena memakan semua ketakutan tersebut mentah-mentah. Meskipun tidak mudah, menghadapinya dengan penuh kepercayaan diri memang harus dilakukan.

Adanya sikap PD tersebut membuat Anda jadi lebih yakin terhadap kemampuan diri sendiri. Sehingga tidak akan takut ketika menghadapi tantangan, cobaan, bahkan persaingan di dunia bisnis.

Cara agar Percaya Diri dalam Wirausaha

Mengetahui berbagai alasan mengapa pentingnya sifat PD dalam wirausaha, membuat hal ini jadi penting mengapa harus menerapkannya. Apalagi saat ini persaingan bisnis memang semakin ketat, dan mau tidak mau para pemilik usaha harus mampu bertahan agar tidak mudah tersingkirkan oleh para pesaing.

1. Berani coba menggenggam tanggung jawab

Cara agar percaya diri dalam wirausaha yang pertama adalah mencoba menggenggam tanggung jawab, terutama jika belum pernah dilakukan. Memunculkan sikap berani memang kedengarannya susah, apalagi jika baru pertama kali mencoba hal baru. Namun, jika Anda berani melawan zona nyaman, sifat tersebut pasti akan muncul juga.

Lawanlah rasa takut dan jadikan sebagai motivasi sekaligus tantangan untuk mencoba menjelajahi pengalaman baru sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan diri. Jangan pernah takut gagal apalagi membayangkannya sebelum mencobanya, sebab justru tak akan membuat Anda berkembang. Jadikan hal ini kesempatan bagus untuk terus berusaha sebaik mungkin.

Mencoba mengemban tanggung jawab mungkin bukan perihal mudah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memulai dari hal kecil terlebih dahulu supaya dapat membiasakan diri. Misalnya berusaha sebaik mungkin mengatur keuangan bisnis maupun menjalin hubungan baik dan penuh tanggung jawab pada klien.

2. Menjalin lebih banyak koneksi

Koneksi merupakan hal paling dibutuhkan ketika seseorang menjalankan suatu bisnis. Tanpa ada koneksi, perusahaan bukanlah apa-apa, sehingga mau tidak mau tentu saja harus bisa menjalin hubungan dengan sebanyak mungkin orang karena nantinya merekalah yang mampu membantu Anda saat dibutuhkan.

Koneksi bukan hanya orang-orang profesional, klien, ataupun sebatas rekan bisnis saja, tetapi bisa juga pelanggan maupun orang lainnya. Mulailah membangun relasi dengan selalu bersikap baik, profesional, jujur, dan berusaha sebaik mungkin dalam membantu orang lain. Siapa tahu beberapa dari mereka adalah yang mampu membantu Anda ketika sedang dibutuhkan.

3. Tidak pernah meragukan yang hendak dilakukan

Sifat percaya diri juga berkaitan dengan sikap optimis dan selalu yakin terhadap apapun sebelum melakukan sesuatu. Maka dari itu, mulailah bersikap PD dengan tidak meragukan hal yang memang ingin dilakukan, sebab adanya keraguan justru membuat Anda terlalu berekspektasi dan takut akan realita.

Jangan pernah meragukan sesuatu sebelum melakukannya, lalu cobalah meyakinkan diri bahwa semuanya pasti baik-baik saja. Hal paling penting adalah berusahalah menghadapinya dan jangan pernah takut mencoba. Terlalu larut dalam keraguan justru nantinya membuat Anda minder dan akhirnya malah menghancurkan diri sendiri. 

4. Berbaur pada lingkungan positif dan saling mendukung

Salah satu penyebab minder bisa jadi karena kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, sehingga membuat Anda jadi takut mencoba dan berkembang dalam bisnis. Padahal, dukungan positif sangat diperlukan supaya bisa memunculkan sifat percaya diri dalam wirausaha dan tetap bertahan meskipun sedang banyak rintangan.

Maka dari itu, cobalah berbaur pada lingkungan positif dan saling mendukung. Anda bisa coba bergabung dengan komunitas penggiat bisnis karena pasti banyak menemukan teman senasib, dengan begitu pasti akan saling menyemangati satu sama lain. Selain itu, carilah lingkungan yang tidak menahan Anda untuk berkembang, serta mau memberikan saran agar lebih baik lagi.

Hindarilah lingkungan toxic dan membuat Anda merasa minder, insecure, bahkan selalu merasa tidak pantas melakukan apapun. Carilah lingkungan pertemanan yang tidak menjatuhkan Anda di kemudian hari.

5. Belajar dari orang yang lebih ahli dan profesional

Menjadi seorang wirausaha, tidak boleh lepas dari belajar supaya bisa menjadi lebih baik nantinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika coba belajar dari orang profesional atau memiliki keahlian. Sebab mereka telah menjalani banyak sekali pengalaman yang membuatnya sudah sampai sejauh ini.

Belajar dari orang ahli dan lebih profesional membuat Anda berpikir bahwa tidak segala proses terjadi secara instan. Pelajarilah apa yang baik dari mereka, mintalah saran, tips, dan banyaklah bertanya agar lebih tahu seluk beluk dunia wirausaha.

6. Terus berusaha tanpa membandingkan diri

Hal paling penting mengenai cara agar percaya diri dalam wirausaha yaitu terus berusaha tanpa membandingkan diri dengan orang lain. Porsi kesuksesan dan kemampuan setiap manusia berbeda-beda, jadi tidak ada gunanya jika terus kepikiran dan membanding-bandingkannya.

Jalanilah apa yang Anda miliki saat ini sebaik mungkin, jangan terlalu terpengaruh oleh orang lain apalagi dari lingkungan toxic. Jalanilah pula secara bertanggung jawab, profesional, tanpa menjatuhkan manusia lainnya.

Itulah cara agar percaya diri dalam wirausaha. Usahakan keluarlah dari zona nyaman supaya dapat memunculkan sikap tersebut dan bisa bertahan sekaligus berkembang jadi lebih baik lagi ke depannya.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.