Lompat ke konten

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi yang Menjanjikan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

Banyak dari Anda yang mungkin berpikir kalau ingin kuliah di Fakultas Ekonomi dengan mengambil jurusan Manajemen dan Akuntansi. Well, jurusan manajemen dan akuntansi memang merupakan salah dua jurusan yang paling banyak peminatnya. Tapi, tahukah Anda kalau ada satu jurusan lain di FE yang tidak kalah menarik. Yup! Jurusan Ilmu Ekonomi. 

Meskipun namanya Ekonomi, namun jurusan yang satu ini cocok untuk Anda yang suka matematika dan statistika. Mengapa demikian dan apa prospek kerja lulusan ilmu ekonomi? Simak pembahasannya berikut ini:

Keahlian Yang Diajarkan di Jurusan Ilmu Ekonomi

Secara umum keahlian yang diajarkan di jurusan ilmu ekonomi ada dua yaitu kemampuan logika dan penghitungan melalui matematika dan statistika dan kemampuan pemahaman teori sosial ekonomi melalui ekonomi makro dan mikro. 

1. Kemampuan matematika dan statistika

Seperti yang sudah disebut di atas, jurusan ini adalah jurusan yang cocok untuk Anda yang suka matematika dan statistika. Sebab, pada jurusan ini, Anda setidaknya akan belajar matematika hingga bab integral dan matriks serta belajar statistika hingga bab uji statistik.

Kedua kemampuan ini diperlukan untuk penyusunan tugas akhir mahasiswa dan akan menjadi sangat dibutuhkan jika Anda ingin bekerja sebagai dosen, atau peneliti ekonomi. Tapi tenang, mata kuliah matematika dan statistika di jurusan ini tidak akan sedalam di fakultas MIPA kok.

2. Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro

Pada dasarnya, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua yaitu ekonomi mikro yang membahas mengenai ekonomi pada level individu dan perusahaan serta ekonomi makro yang membahas mengenai ekonomi pada level negara. 

Pada ekonomi mikro, Anda akan mempelajari bagaimana cara perusahaan dan individu mengalokasikan sumber daya mereka untuk mencapai keuntungan maksimum sementara, Ekonomi makro membahas mengenai bagaimana negara mengatur perekonomian mulai dari masalah inflasi, kebijakan pajak, kemiskinan, pengangguran hingga pembangunan sumber daya manusia. 

Kedua jenis ilmu ini nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa peminatan seperti, ekonomi pembangunan,ekonomi moneter, ekonomi internasional dan lain sebagainya. 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Ekonomi

1. Penulis

Salah satu prospek kerja jurusan Ilmu Ekonomi adalah dengan menjadi seorang penulis non-fiksi. Alasannya adalah dalam beberapa tahun terakhir ini, permintaan terhadap penulis konten yang memiliki pemahaman terhadap ekonomi, bisnis dan investasi cukup kuat. Hal ini seiring dengan peningkatan jumlah investor muda dan peningkatan tingkat literasi keuangan generasi muda Indonesia. 

2. Peneliti (researcher)

Prospek kerja jurusan Ilmu Ekonomi yang kedua adalah menjadi peneliti. Hal ini karena mahasiswa Ilmu Ekonomi umumnya dibekali dengan penguasaan aplikasi statistik seperti, R, Stata, Python, SPSS dan lain sebagainya yang mana penggunaan aplikasi statistik tersebut sangat dibutuhkan saat menjadi peneliti. 

Anda dapat menjadi peneliti yang bekerja di perusahaan swasta sebagai UX researcher, perusahaan penelitian seperti SMERU Research Institute, maupun peneliti di instansi pemerintahan entah itu di Bank Indonesia, OJK, BAPPENAS maupun instansi lainnya.

Anda bisa membangun karir sebagai peneliti sedari dini dengan menjadi asisten dosen maupun mahasiswa magister dan doktoral. Tidak hanya bisa menambah pundi-pundi uang saku, menjadi asisten dosen juga akan menambah koneksi dan relasi Anda sehingga bisa membantu memuluskan karir Anda kedepannya. 

3. Dosen

Tentu Anda sudah tidak asing dengan pekerjaan sebagai dosen atau tenaga pendidik. Dosen memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh lulusan Ilmu Ekonomi sebab selain memiliki gaji dan tunjangan yang lumayan, dalam beberapa kasus seorang dosen juga bisa menjadi penulis dan peneliti sekaligus. 

Nama-nama dosen ekonomi seperti Prof. Dr. H. Boediono, B.Sc, M.Ec (mantan Wakil Presiden RI), Prof, Mudrajad Kuncoro, Dr. Dumairy, M.A dan Prof. Dr. Mubyarto adalah beberapa nama dosen Ilmu Ekonomi yang juga menjadi penulis buku. 

Selain itu, seorang dosen juga bisa menjadi peneliti sekaligus karena memang seringkali ada kewajiban untuk membuat publikasi dalam bentuk paper. Tak jarang juga seorang dosen mendapatkan proyek penelitian khusus dari pemerintah maupun perusahaan swasta mengenai satu dan lain hal. 

4. Aparatur Sipil Negara (ASN)

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah salah satu peluang karir yang banyak diminati oleh lulusan Ilmu Ekonomi. Namun demikian, peluang sarjana ekonomi di pemerintahan tidak hanya terbatas di Kementerian Keuangan saja, tetapi bisa juga masuk ke dalam berbagai Kementerian lain. 

Kementerian Luar Negeri misalnya, membutuhkan sarjana ekonomi di berbagai lini termasuk untuk menjadi ASN di luar negeri seperti, diplomat atau penata kanselerai. Hal ini karena terdapat beberapa masalah ekonomi internasional seperti kebijakan perdagangan internasional yang tentunya membutuhkan pandangan dari diplomat yang memiliki latar belakang keilmuan tersebut. 

5. Tenaga profesional lainnya

Selain periset dan penulis, terdapat beberapa tenaga profesional non-ASN yang terbuka untuk sarjana ekonomi. Tenaga profesional non-ASN ini seperti, tim ahli DPR, analis di Kantor Kepresidenan, hingga pegawai setempat (local staff) Kementerian Luar Negeri. 

Hal ini karena ada bagian dari pekerjaan jabatan tersebut yang membutuhkan kemampuan analisis dan pemahaman ekonomi sehingga tidak bisa diisi oleh lulusan jurusan lain selain ekonomi dan statistika.  

6. Credit risk manager

Selain menjadi aparatur sipil negara dan tenaga profesional, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi tenaga kerja di bidang perbankan. Salah satunya dengan credit risk manager. 

Tugas credit risk manager adalah menyeleksi nasabah berdasarkan tingkat risikonya dan memitigasi tingkat risiko keuangan yang masuk ke dalam bank sehingga, keuangan bank tersebut bisa baik dan lebih aman dari ancaman resesi dan krisis. 

7. Portfolio Manager

Selain bank, perusahaan keuangan lain yang bisa dimasuki oleh lulusan Ilmu Ekonomi adalah perusahaan investasi dan perusahaan sekuritas seperti, PT PNM Investment Management, PT Mandiri Sekuritas, PT BRI-Danareksa Sekuritas dan lain sebagainya. Salah satu jabatan yang bisa diisi dengan sarjana ekonomi adalah portfolio manager atau orang yang bertugas mengelola investasi yang dilakukan oleh perusahaan. 

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja jurusan Ilmu Ekonomi yang cukup menjanjikan. Selain pekerjaan di atas, sarjana ekonomi juga bisa bertransformasi menjadi pebisnis loh. Karena dalam jurusan ini, Anda juga akan belajar mengenai bagaimana cara mengelola sebuah perusahaan dengan baik melalui ekonomi mikro. Selamat mencoba!

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.