Lompat ke konten

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

prospek kerja jurusan ilmu komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain dengan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Tidak hanya itu, manusia juga memiliki kepentingan (interest) yang berbeda satu sama lain yang perlu dikomunikasikan untuk mendapatkan dukungan. 

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pola komunikasi antar manusia. Komunikasi di sini tidak hanya secara verbal, melainkan juga non-verbal baik itu dalam bentuk tulisan maupun audio visual. Oleh sebab itu, prospek kerja jurusan ilmu komunikasi sangat luas, apalagi di era internet seperti saat ini. Apa sajakah prospek kerja tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

Mata Kuliah Ilmu Komunikasi (Ilkom)

Sebelum beranjak ke prospek pekerjaannya, ada baiknya Anda mengetahui mata kuliah apa saja yang akan diberikan dalam jurusan ilkom khususnya s1 komunikasi. Secara garis besar, Anda akan diajari bagaimana cara menyampaikan pesan dengan komunikasi dan storytelling yang baik entah itu menggunakan media atau tidak. Secara rinci, berikut ini beberapa mata kuliah yang akan Anda pelajari dalam ilmu komunikasi:

  1. Dasar-dasar jurnalisme. 
  2. Pengantar ilmu komunikasi. 
  3. Penulisan kreatif.
  4. Teknik kehumasan.
  5. Desain komunikasi visual.
  6. Pengantar periklanan.
  7. Media hiburan.
  8. Kebijakan dan regulasi komunikasi.
  9. Komunikasi internasional.
  10. Manajemen media.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Public relation (PR)

Perusahaan, organisasi nirlaba hingga public figure macam artis atau atlet membutuhkan tim public relation di sampingnya. Tugas tim PR tersebut adalah menyusun strategi komunikasi yang baik demi terbentuknya citra tertentu terhadap perusahaan dan artis terkait. Di sinilah ilmu komunikasi berperan. 

Untuk menjadi tim PR, Anda bisa melamar kerja di perusahaan yang membuka lowongan terkait, atau mendaftar di perusahaan konsultan public relation. Perusahaan konsultan ini biasanya bekerja sama dengan public figure yang membutuhkan tim PR dengan tanpa harus mencari tim sendiri. 

2. Jurnalis

Jurnalis atau reporter adalah salah satu peluang karir yang banyak diminati oleh lulusan ilmu komunikasi. Jurnalis adalah orang yang bertugas untuk memburu berita dan menyampaikannya entah itu dalam bentuk siaran langsung maupun tulisan. 

Dengan berkembangnya media seperti saat ini, kebutuhan terhadap jurnalis semakin meningkat. Hal ini karena masyarakat Indonesia kini tidak hanya bisa mengakses berita melalui televisi, koran dan radio tetapi juga melalui internet sehingga tidak heran jika kini banyak perusahaan media nasional yang membutuhkan tenaga digital journalist. 

3. Copywriter

Selain dituntut untuk bisa menyampaikan pesan dalam bentuk pidato (PR) dan berita (jurnalis), seorang mahasiswa ilkom juga dididik untuk bisa menyampaikan pesan dalam bentuk iklan baik itu hard selling (seperti iklan baliho) maupun soft selling (seperti iklan yang secara halus tercantum dalam konten). 

Tujuannya adalah supaya penerima konten tersebut tertarik untuk melakukan hal yang diinginkan oleh perusahaan entah itu membeli produk atau menerima nilai-nilai yang dikampanyekan. Copywriter bisa bekerja secara lepas (freelance), bergabung dengan agensi periklanan, perusahaan produsen konten maupun bergabung dengan divisi konten sebuah perusahaan. 

4. Content Writer

Masih dalam ranah tulis menulis, bidang lain yang bisa digeluti oleh lulusan komunikasi adalah bidang content writing atau menulis konten di media sosial maupun website. Tulisan dari content writer ini bermanfaat untuk membentuk citra dan meningkatkan brand awareness perusahaan. 

Selain untuk media sosial dan blog, content writer juga bisa bekerja sebagai penulis skrip konten (script writer) dan menjadi bagian dari tim produksi sebuah konten. Misalnya, seorang influencer YouTube berniat mewawancara seorang aktris, nah tugas dari content writer ini adalah melakukan riset mengenai aktris tersebut dan menyusun pertanyaan yang sekiranya senada dengan tema yang ingin dibawa dengan tanpa harus melenceng kemana-mana. 

5. Radio Announcer

Jika keempat pekerjaan di atas berhubungan dengan konten audio visual, maka peluang pekerjaan lulusan komunikasi yang satu ini lebih fokus ke audio. Radio announcer atau penyiar radio adalah orang-orang yang membacakan berita, membina sebuah acara berbasis audio di radio. 

Jika persepsi Anda peluang karir untuk penyiar radio saat ini kecil, maka boleh dibilang kalau persepsi tersebut kurang benar. Karena terlatih berkomunikasi dengan gaya tertentu untuk menciptakan persepsi pendengar, banyak penyiar radio yang kini berkembang menjadi Podcaster, Host di acara TV atau MC dalam banyak event.

Sebut saja di antaranya adalah Fitri Tropika (Fitrop), Desta, Nycta Gina, Risky Kinos, Farhan (kini DPR) dan masih banyak lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi penyiar radio bisa fleksibel untuk dibawa ke berbagai medium. 

6. Pelawak

Kemampuan menulis skrip khususnya skit komedi juga bisa menghantarkan seorang sarjana ilmu komunikasi menjadi seorang pelawak baik itu pelawak dalam bentuk kelompok seperti, Srimulat maupun pelawak tunggal (stand up comedy). Bahkan beberapa stand up comedian seperti, Soleh Solihun dan Pandji Pragiwaksono awalnya berangkat dari penyiar radio sebelum akhirnya bertransformasi menjadi pelawak. 

7. Marketing communication

Sesuai dengan namanya, marketing communication (markom) adalah bagian dari divisi pemasaran perusahaan yang bertugas untuk menyusun strategi komunikasi pemasaran perusahaan baik itu ke mitra maupun konsumen secara langsung. 

Tim markom tidak dituntut untuk selalu cantik dan ganteng, tetapi harus rapi dan bersih secara fisik. Tapi lebih dari itu, tim markom dituntut untuk bisa mengenali produk perusahaan dan mengkomunikasikannya dengan baik kepada calon mitra dan calon pelanggan. Oleh sebab itu, biasanya divisi ini tidak hanya dituntut untuk bisa presentasi, tetapi juga bisa menyusun strategi komunikasi bisnis untuk presentasi tersebut. 

8. Aparatur Sipil Negara

Selain menjadi karyawan perusahaan swasta, lulusan ilmu komunikasi juga bisa bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) khususnya di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo). 

Jabatan yang bisa diterima untuk lulusan ilmu komunikasi dalam lembaga ini seperti, Analis Konten Media Sosial, Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi, Analis Penyuluhan Dan Layanan Informasi dan berbagai jabatan lainnya yang berkaitan dengan komunikasi publik dari pemerintah untuk masyarakat. 

Selain Kemkominfo, lulusan ilmu komunikasi juga bisa mendaftar sebagai diplomat di Kementerian Luar Negeri. Sebab, terdapat Kemenlu membutuhkan diplomat yang memiliki kemampuan komunikasi internasional. 

9. Tenaga pendidik

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi tenaga pendidik baik itu dosen maupun guru. Hal ini karena seiring dengan meluasnya cakupan media di Indonesia, banyak kampus dan sekolah kini mulai beranjak menyediakan jurusan komunikasi, jurnalistik atau broadcasting sehingga dibutuhkan pengajar dengan kualifikasi yang mendukung. 

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja ilmu komunikasi. Karena komunikasi merupakan kebutuhan umat manusia, maka tidak heran jika prospek kerja lulusan jurusan ini relatif fleksibel baik itu menjadi tenaga profesional seperti, komedian maupun menjadi aparatur sipil negara dan tenaga pendidik.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna merupakan salah satu finalist PKM-Kewirausahaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2016. Selama menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Chusna aktif mencari dan mengeksekusi ide bisnis yang menarik dan inovatif.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.