Lompat ke konten

Daftar Pertanyaan Interview dan Contoh Jawabannya untuk Fresh Graduate SMK

Pertanyaan interview

Pertanyaan untuk fresh graduate SMK hampir sama dengan pertanyaan interview lainnya. Hal ini karena pada dasarnya, tujuan dari interview sama, yaitu ingin mengetahui kualifikasi dari calon pelamar yang kemudian dijadikan sebagai penilaian apakah orang tersebut layak diterima kerja atau tidak.

Dengan mengetahui contoh pertanyaannya, Anda jadi lebih siap untuk menjawab pertanyaannya. Anda juga bisa melakukan latihan terlebih dahulu supaya lebih siap dalam menghadapi wawancara atau interview.

Penasaran apa saja pertanyaan yang diajukan saat interview fresh graduate Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Berikut daftar pertanyaan interview dan contoh jawabannya untuk fresh graduate SMK. Yuk simak sampai akhir!

1. Pertanyaan interview tentang deskripsi diri sendiri

Pertanyaan yang akan ditanyakan oleh orang yang mewawancarai Anda yang pertama tentunya mengenai identitas diri. Anda akan diberikan waktu beberapa menit untuk melakukan perkenalan secara singkat sekaligus menggambarkan diri Anda di hadapan recruiter.

Untuk pertanyaan bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda, maka berikan jawaban berupa nama lengkap, jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan di SMK, minat bakat, dan juga gambaran diri secara umum. 

Sampaikan jawaban Anda secara singkat, padat dan jelas. Hindari bertele-tele atau menyombongkan diri sendiri. Berikut contoh deskripsi diri untuk fresh graduate SMK.

“Perkenalkan saya Bahrudin Yusuf, lulusan SMK jurusan Akuntansi. Selama bersekolah, saya mempelajari berbagai laporan keuangan dan cukup menguasainya. Saya sangat berminat dalam menyusun laporan laba rugi perusahaan secara rinci, detail dan rapi.”

Contoh jawaban untuk deskripsi diri di atas bisa disesuaikan dengan diri  masing-masing. Sesuaikan juga minat dan bakat yang dipunyai dengan gambaran diri. Susun perkenalan ini jauh-jauh hari supaya terlihat matang dan lebih siap.

2. Pertanyaan interview tentang kelebihan dan kekurangan 

Pertanyaan selanjutnya yang akan ditanyakan kepada fresh graduate adalah mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Contoh pertanyaannya adalah sebagai berikut:

  • Apakah kelebihan dan kekurangan Anda?
  • Bagaimana menyikapi kekurangan yang Anda punya?
  • Bagaimana mengembangkan kelebihan yang Anda punya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mempersiapkannya. Sebab biasanya kekurangan dan kelebihan tidak bisa ditemukan oleh diri sendiri. Anda bisa menanyakan pada kerabat atau orang-orang terdekat mengenai pendapat mereka tentang diri Anda.

Saran dan masukan dari kerabat atau pun orang terdekat bisa diolah untuk menjawab mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Sampaikan juga alasan logis mengapa Anda bisa menyimpulkan demikian. Kemudian mencari solusi yang masuk akal bagaimana menyikapi kekurangan dan mengembangkan kelebihan yang Anda miliki.

Karena setiap orang tentunya berbeda, sesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan diri Anda sendiri. Namun jika membutuhkan contoh kata-katanya, mungkin Anda bisa gunakan seperti di bawah ini.

“Menurut kerabat dan orang terdekat, saya merupakan orang yang cukup disiplin, sebab ketika diberikan tugas atau PR maka saya akan mengumpulkannya tepat waktu, saya juga tidak pernah terlambat ketika memasuki sekolah. Sedangkan untuk kekurangan, saya merupakan orang yang sedikit pelupa, namun untuk menyikapinya, saya biasanya memiliki buku catatan kecil mengenai tugas atau pun sesuatu yang penting yang bisa saya baca agar bisa ingat.”

3. Pertanyaan interview tentang gaji

Pertanyaan selanjutnya ditanyakan pada interview adalah mengenai gaji. Mungkin ini juga merupakan pertanyaan umum yang ditanyakan saat proses wawancara. Untuk pertanyaan yang satu ini Anda memerlukan riset terlebih dahulu.

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu Upah Minimum Regional (UMR) daerah, kemudian dikombinasikan dengan gaji yang biasa diterima untuk posisi yang dilamar. Misalnya, hendak melamar sebagai customer service online di Yogyakarta. Untuk DIY Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp1.840.915. Sedangkan untuk gaji customer service online berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp2 juta rupiah. Oleh karena itu Anda mungkin bisa menjawab kisaran gaji mulai dari Rp1,8 juta hingga Rp2 juta.

Jawab dengan menyertakan pertimbangan yang dijadikan sebagai dasar penentuan gaji yang Anda minta seperti yang sudah dirincikan di atas. Misalnya seperti dibawah ini:

“Berdasarkan riset kecil-kecilan saya, UMP Yogyakarta tahun 2022 sebesar Rp1,8 juta rupiah, sedangkan untuk posisi yang saya lamar kisaran gaji sebesar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta rupiah. Dari riset tersebut, sekiranya bapak/ibu bisa menggaji saya dengan layak pada kisaran angka Rp1,8 juta hingga Rp2 juta rupiah.”

4. Pertanyaan interview seputar posisi yang dilamar

Tidak hanya soal gaji, pertanyaan seputar posisi yang dilamar juga mungkin ditanyakan oleh HRD perusahaan. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda memahami mengenai tugas dan kewajiban dari posisi tersebut.

Juga bagaimana Anda menanggapi permasalahan yang mungkin timbul ketika Anda bekerja. Misalnya Anda melamar posisi sebagai Staf Restoran. Atau hendak melamar sebagai cleaning service.  Maka pertanyaan yang mungkin ditanyakan adalah sebagai berikut:

  • Apakah tugas utama seorang staff restoran?
  • Apakah tugas utama seorang cleaning service?
  • Bagaimanakah Anda menyikapi komentar dari konsumen?
  • Bagaimana Anda bekerja saat restoran sedang ramai dan penuh?

Jawab pertanyaan di atas dengan terlebih dahulu mencari tahu mengenai tugas utama posisi dilamar. Misalnya sebagai admin online, apa saja tugas wajib sebagai admin online.Supaya lebih meyakinkan Anda mungkin bisa menambahkan cerita atau pengalaman Anda sendiri menghadapi persoalan di atas. Lebih baik lagi dalam menjawab Anda juga sekaligus menyanjung atau memberi masukan pada perusahaan tentang sistem kerjanya.

5. Pertanyaan interview seputar pengalaman kerja

Terakhir, pertanyaan saat interview adalah seputar pengalaman kerja. Karena Anda merupakan fresh graduate, mungkin belum banyak pengalaman yang Anda punya. Ini pentingnya memiliki keaktifan dalam diskusi di kelas dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Di Sekolah Menengah Kejuruan, biasanya juga ada program Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) yang sesuai dengan jurusan masing-masing. Untuk menjawab pertanyaan seputar pengalaman kerja, Anda mungkin bisa menjelaskan program tersebut.

Sampaikan secara mendetail mengenai pengalaman kerja pada PKL, dimana menjalani PKL, pada posisi apa, dan tugasnya seperti apa. Supaya meyakinkan HRD perusahaan yang sedang mewawancarai Anda.

Misalnya, dahulu saat di jenjang SMK  merupakan siswi jurusan Tata Boga. Kemudian saat PKL Anda memilih menjadi asisten chef di sebuah restoran seafood yang cukup terkenal. Nah, pengalaman tersebut bisa disebutkan.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman PKL atau magang sama sekali, untuk menjawab pertanyaan seputar pengalaman kerja, Anda mungkin bisa menjawab pengalaman tugas terbaik Anda saat bersekolah.

Misalnya, Anda merupakan siswi dengan peminatan Tata Busana, kemudian pada tugas akhir diminta untuk membuat rancangan busana sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Kemudian  hendak melamar sebagai penjahit di salah satu pabrik, maka pengalaman tugas akhir tersebut bisa diceritakan sebagai pengalaman.

Nah, berikut di atas daftar pertanyaan saat interview dan contoh jawabannya untuk fresh graduate SMK. Dengan mengetahui kisi-kisi pertanyaan, diharapkan Anda bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan wawancara. Sehingga Anda lebih siap dan lancar dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun adalah mahasiswa ekonomi tingkat akhir di UPN Veteran Yogyakarta yang tertarik menulis dengan tema ekonomi dan finansial.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.