Lompat ke konten

Pengertian dan Tugas Cleaning Service Kantor

Tugas Cleaning Service Kantor

Pekerjaan cleaning service pasti dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk melakukan tindakan pembersihan, perawatan, serta pemeliharaan lingkungan perkantoran. Tanpa adanya petugas jasa kebersihan tersebut, area perkantoran belum tentu bersih terawat. Maka dari itu, profesi tersebut tidak boleh diremehkan keberadaannya.

Lalu, apa saja tugas cleaning service kantor sampai keberadaan mereka jadi sangat penting di lingkungan perusahaan? Nah, mari membahasnya secara lebih jauh mengenai informasi seputar pekerjaan petugas jasa kebersihan tersebut melalui uraian berikut ini.

Apa Itu Cleaning Service?

Cleaning service artinya orang-orang yang melakukan pekerjaan berupa jasa pelayanan terkait kebersihan, pemeliharaan, dan perawatan area tertentu di area perkantoran, apartemen, mall, dan pada gedung atau bangunan lainnya. Cleaning service (CS) terutama dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan pekerjaan kebersihan di lingkungan kantor, supaya lingkungannya tetap terawat sekaligus menciptakan kenyamanan ketika beraktivitas.

Perlu diketahui pula bahwa pekerjaan sebagai CS dan office boy/girl memiliki tugas dan peranan serupa, namun kenyataannya cukup memiliki perbedaan. CS cenderung melakukan tugasnya secara general, bukan untuk melayani individu. Sedangkan office boy/girl biasanya dipekerjakan tak hanya untuk melakukan kegiatan kebersihan, tetapi juga melayani karyawan jika dibutuhkan, misalnya menyerahkan dokumen, membuatkan minuman, dan lain sebagainya.

Tugas cleaning service kantor kurang lebih mirip dengan pekerjaan room attendant di hotel. Namun bedanya terlihat dari tempat di mana melakukan pekerjaannya serta rincian jobdesk lainnya.

Tujuan cleaning dibagi berdasarkan waktunya, yakni jangka panjang dan pendek. Jangka pendek melakukan kegiatan kebersihan, yaitu menciptakan kondisi lingkungan kantor yang nyaman dan bersih guna menunjang kegiatan kerja sehari-hari. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah untuk merawat benda-benda di lingkup perusahaan supaya dapat mempertahankan life of time atau supaya lebih awet masa pakainya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tujuan dari CS, antara lain menciptakan kebersihan, kerapian, kenyamanan, keindahan, serta keamanan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, kelima tujuan tersebut biasa disingkat 5K. Hal ini karena pekerjaan cleaning service adalah melakukan kegiatan kebersihan sekaligus perawatan pada wilayah sesuai plotting nya, lalu mengerjakannya sesuai instruksi dari atasan dan SOP (Standard Operating Procedure).

Tugas Cleaning Service Kantor

Menjadi cleaning service artinya harus siap melaksanakan tugas berupa perawatan sekaligus kebersihan pada wilayah perkantoran sesuai instruksi. Berikut ini adalah tugas cleaning service kantor yang perlu diketahui.

1. Pembersihan dan pemeliharaan lantai

Tugas cleaning service kantor utamanya adalah melakukan pembersihan serta pemeliharaan lantai, antara lain menyapu dan mengepel. Tindakan ini dilakukan ketika sebelum para karyawan datang ke kantor ataupun setelah mereka semua sudah pulang kerja agar para karyawan merasa nyaman dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya. Maka dari itu, seorang CS harus datang lebih awal sebelum para pekerja datang.

Kegiatan mengepel dan menyapu ini pun sebenarnya dapat dilakukan secara fleksibel ketika ada instruksi lain. Misalnya saat jam makan siang ada tumpahan air atau noda, maka cleaning service tugasnya adalah berusaha membersihkannya supaya tidak mengganggu kenyamanan para karyawan. Kedua kegiatan ini dilakukan di wilayah luar maupun di dalam wilayah gedung.

2. Pembersihan dan pemeliharaan area kamar mandi

Pekerjaan cleaning service juga melakukan pembersihan serta pemeliharaan di area kamar mandi, yang meliputi penyediaan toilet supplies (sabun, tisu, dan sebagainya), membersihkan saluran air, kloset, lantai, cermin kamar mandi, wastafel, sampai memasang pengharum toilet. Apalagi tempat tersebut termasuk cukup sering dikunjungi dan mudah sekali kotor, jadi harus selalu diperhatikan kebersihannya.

Plotting tugas di area kamar mandi, biasanya dibagi berdasarkan jenis kelamin para CS. Petugas wanita ditempatkan di area wanita, sedangkan petugas laki-laki ditempatkan di kamar mandi khusus pria. Tujuan dilakukan plotting seperti ini, supaya karyawan maupun CS tetap merasa nyaman dan tidak canggung ketika memasuki toilet, juga untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

3. Membuang sampah

Membuang sampah juga merupakan tugas cleaning service kantor, terutama di wilayah kamar mandi dan pantry karena di tempat tersebut sering bertumpuk berbagai jenis sampah. Di kamar mandi biasa orang membuang tisu, kertas, dan pembalut. Sedangkan di pantry biasanya orang membuang bungkus makanan maupun minuman, terutama ketika memasuki jam makan siang.

Pekerjaan cleaning service tidak hanya membuang sampah di wilayah dalam gedung kantor, tetapi juga di luarnya. Pemeliharaan lingkungan luar gedung juga menjadi fokus utama CS, jadi apabila ada sampah seperti dedaunan, plastik, kertas, dan sebagainya tercecer di sekitar luar gedung wilayah kantor tersebut, maka harus segera dibersihkan sebelum berceceran dan menumpuk.

Selain membuang macam-macam kotoran di dalam dan di luar wilayah kantor, CS juga bertugas menyediakan tempat sampah di beberapa titik strategis. Selain itu, mereka juga berhak untuk memperingatkan apabila ada pegawai yang seenaknya buang sampah sembarangan.

4. Perawatan dan pemeliharaan tanaman

Tugas CS lainnya adalah melakukan perawatan serta pemeliharaan tanaman di lingkup perkantoran, hal ini sangat penting perihal menjaga nilai estetikanya supaya terlihat sedap dipandang. Pekerjaan tersebut meliputi menyiram dua kali sehari (pagi dan sore), memupuk, sampai memangkas bagian tanaman sesuai kebutuhan.

Perawatan sekaligus pemeliharaan tanaman tidak hanya area luar gedung saja, tetapi juga area indoor untuk memastikannya tetap dalam keadaan terawat. Rincian pekerjaannya, antara lain menyiram, memangkas daun dan batang yang layu atau mengganggu, memupuk dalam jangka waktu tertentu, memberantas hama, sampai mengganti tanaman apabila ada yang rusak.

5. Perawatan sekaligus pemeliharaan aksesoris kantor

Perawatan sekaligus pemeliharaan aksesoris kantor juga merupakan pekerjaan cleaning service selain menyapu dan mengepel ruangan. Aksesoris kantor bukan hanya sebatas benda pajangan saja, tetapi juga perabotan, maupun segala peralatan yang ada di cakupan tersebut.

Perawatan dan pemeliharaan aksesoris tersebut sesuai tujuan CS untuk jangka panjang, yaitu mempertahankan supaya masa pakainya lebih panjang dan barang cenderung lebih awet. Tindakan perawatan yang dilakukan pun harus sesuai prosedur supaya tidak merusak kelengkapan dan aksesoris kantor. Oleh karena itu, CS pun harus berhati-hati dan teliti ketika melaksanakan pekerjaannya.

6. Pemeliharaan dan perawatan gedung kantor area luar

Pemeliharaan dan perawatan gedung kantor yang merupakan pekerjaan cleaning service tak hanya dilakukan di area dalam, tetapi juga di luar gedung. Selain membuang sampah pada tempatnya, jobdesk lainnya yaitu membersihkan kaca jendela, perawatan taman, membersihkan pagar, menyapu, dan lainnya.

Berapa Gaji Cleaning Service di Kantor?

Gaji cleaning service kantor di Indonesia rata-rata adalah 2-3 juta rupiah per bulannya, tetapi masih belum termasuk tunjangan. Besar jumlah gaji CS tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan dan UMR daerah tempatnya bekerja, jadi bisa saja berbeda.

Apabila hendak melamar pekerjaan sebagai CS, perusahaan pasti memiliki kriteria tertentu sebelum memilih pegawainya. Beberapa kriteria menjadi CS, antara lain memiliki kemampuan perihal kebersihan, kerjasama tim, dan pekerja keras. Persyaratan pendidikan untuk melamar pekerjaan tersebut biasanya cukup fleksibel, rata-rata jenjang SMA/SMK/sederajat, namun tidak menutup kemungkinan lulusan SMP dapat mengisi posisi tersebut.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah sarjana pertanian yang tertarik menulis di bidang entrepreneurship, tips seputar keuangan, dan gaya hidup.View Author posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.